Saturday, February 10, 2018

CARA MENGISI DAFTAR HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (DHGT) 2018




Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGT) atau sering teman-teman guru menyebutnya dengan  Absen Online, yang sudah resmi digunakan dalam lingkungan sekolah berfungsi memvalidasi menghitung kehadiran guru yang kelak akan digunakan untuk syarat tunjangan profesi guru.

Sebelum mengakses Data Kehadiran Guru atau Absen Online, pastikan telah melakukan sinkronisasi Dapodik melalui Aplikasi Dapodik 2018 maupun Dapodik 2018.b yang memiliki tujuan agar data dari Dapodik masuk ke Aplikasi Daftar Kehadiran Guru (DHGT).

Adapun cara pengisian Absen Online atau Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGT) sangatlah mudah, berikut adalah langkah-langkahnya 




1. Kunjungilah http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php  atau link alternative ada di bawah. Kemudian kita klik login sekolah. 


2. Kemudian secara otomatis kita akan diarahkan kemenu seperti gambar di bawah ini yang mewajibkan anda mngisi NPSN Sekolah, Email Sekolah dan Pasword pada bagian ini sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya klik DISINI bahwa kita bisa mengakses dengan dua user. 


3.   Setelah berhasil login maka kita diarahkan ke menu seperti berikut yang berisi informasi siklus pengaruh Absen Online terhadap proses tunjangan profesi guru. langsung saja kita klik menu "kehadiran".


4. Pada langkah ini kita diwajibkan mengatur menu dan proses pembuatan template absen.
    1. Sesuaikan bulan dan tahun pengisian.
    2. Pilihlah bulan pengisiannya pada saat anda mengisi.
    3. Kita klik buat "Daftar Hadir" kemudian kita klik "Refress" maka akan muncul daftar guru dan        template kehadiran
   


5. Setelah muncul menu seperti di bawah kita sudah bisa mengisinya dengan cara mengklik lingkaran     yang ada dalam template yang berbaris lurus dengan nama guru, setelah kita klik pada lingkaran         tersebut maka akan berubah menjadi ceklis. Setelah proses ceklis ceklis jangan lupa kita klik             "Simpan".

Berikut ini adalah link yang digunakan untuk mengakses DHGT
*. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id


Agar lebih jelas silahkan simak video pada link berikut klik DISINI atau DISNI





No comments:

Post a Comment