Thursday, February 8, 2018

Cara Menentukan Ide Pokok


Ide pokok merupakan suatu gagasan atau pikiran utama dan  mendasari suatu paragraf. dan biasanya ide pokok terletak pada awal dan akhir paragraf. Sedangkan paragraf sendiri dibedakan menjadi :

1.   Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya pada kalimat utama yang terletak di bagian awal paragraf. Paragraf dengan tipe ini memiliki alur khusus ke umum. Paragraf dikembangkan dengan menggunakan ide pokok pikiran yang terletak di kalimat pertama.

2.   Paragaraf Induktif
Paragraf induktif merupakan paragraf yang menempatkan ide pokoknya di akhir paragraf. Paragraf induktif disusun dengan menguraikan ide pokok pikiran yang terletak di akhir paragraf.

3.   Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang menempatkan ide pokok pikirannya di awal paragraf dan kemudian dipertegas lagi di akhir paragraf.

4.   Paragaraf Naratif/deskriptif
Paragraf naratif/deskriptif adalah paragraf yang memiliki ide pokok pikiran yang tersirat di dalam paragraf.

Biasanya kita mengalami kesulitan untuk menentukan sebuah ide pokok jika paragraf tersebut memiliki tipe paragraf naratif dan deskripstif. Dalam penjabarannya ide pokok di jabarkan secara merata serta berkesinambunga di dalam sebuah paragraf. Kita sebagai pembaca dituntut untuk mengetahui kata kunci dari sebuah pararaf agar kita dapat dengan mudah mengetahui ide pokok serta dapat mengetahui maksud dari sebuah paragraf.

Cara menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1.   Mari kita baca dengan cermat setiap paragraf.
2.   Cermatilah dan simaklah kalimat pertama hingga terakhir. Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide pokok paragaraf.
3.   Ide pokok atau gagasan utama hanya terletak di awal dan akhir paragraf.



No comments:

Post a Comment