Thursday, February 8, 2018

CARA REGISTRASI DAPODIK 2018.b OFFLINE



Setelah sebelumnya kita membahas registrasi Dapodik 2018.b secara online, kali ini saya akan membahas cara registrasi Dapodik 2018.b secara offline secara ringkas. Jika kita melakukan registrasi secara offline yang wajib kita perlukan adalah prefill dapodik yang kita peroleh dari generate prefill di link dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1.     Kita harus menggenerate prefill Dapodik di link http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php





2.     Kemudian kita mengisi semua menu yang tertera dalam link tersebut sesuai dengan username dan pasword Dapodik yang biasa kita gunakan, kemudian setelah semua terisi kita klik generate hingga proses generate berjalan beberapa menit.



    3.    Setelah menunggu beberapa menit generate selesai sehingga diwajibkan untuk mendownload hasil generate.


4.      Setelah kita download hasil prefil tersebut, kemudian kita letakan pada "Local Disck (C:)" dengan membuat folder baru memberi nama prefill_dapodik.


5. Setelah meletakan prefill dapodik didalam lokal Disk (C:) maka proses registrasi bisa kita mulai.         Menuju destskop dengan mengklik icon Dapodik yang kemudian akan mengarahkan kita domain       "Localhost:5774".








6. Kemudian kita klik registrasi, maka kita akan dibawa kemenu yang mewajibkan kita untuk mengisi     semua menu kemudian klik submit. Maka kita akan tinggal menunggu saja proses registrasinya           selesai.



Link alternatif prefill dapodik jika link diatas tidak dapat digunakan 

Berikut adalah video cara lengkap instalasi Dapodik secara offline klik DISINI dan DISINI




No comments:

Post a Comment