Monday, April 7, 2014

Cetak Formulir PTK dan PD Dengan Dapodik Helper

Untuk memperoleh data yang berkualitas, tentu bukan saja semata-mata tanggung jawab operator dapodik sekolah. Terutama data-data yang berkenaan dengan masing-masing PTK maupun peserta didik. Seberapa baik dan benarnya data yang diperoleh sangat tergantung komitmen mereka dalam mengisi formulir isian yang diberikan.

Dapodik helper merupakan aplikasi pendukung yang dikembangkan pihak diluar struktur resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang fungsi utamanya yakni membantu operator dalam aktivitas backup/restore database dapodik. Sejak launching aplikasi dapodikdas, dari patch 202 hingga tulisan ini dibuat (patch 207c) sudah tiga kali aplikasi dapodik helper ini di upgrade, tentu saja hal ini dimaksudkan agar tetap kompatibel dengan aplikasi utama dapodikdas 2013. Pada versi terkini yang kompatibel dengan patch 207c yaitu versi 2.0.1.0, terdapat penambahan fungsi dari yang sebelumnya. Oleh pengembangnya, Edy Vanhoten, dijelaskan melalui blog dapodikhelper dengan domain blogspot, kini melalui dapodik helper selain fungsi utamanya untuk backup/restore database, para operator dapat mencetak formulir data guru dan peserta didik.

Fitur cetak formulir yang telah terisi data-data sebelumnya sangat membantu operator dalam upaya agar data-data yang terkirim ke server dapodik merupakan data terbaru dan yang terpenting data tersebut tidak diragukan lagi kebenarannya. Keadaan data yang demikianlah yang disebut data berkualitas.

Pada patch 207, beberapa data sudah dikunci, seperti nama dan tanggal lahir PTK maupun PD. Sehingga jika ditemukan kesalahan maka solusinya hanya dengan menghapus data PTK atau PD yang salah itu secara keseluruhan untuk kemudian kembali menginputnya. Kecuali data selain nama dan tanggal lahir, masih bisa diedit tanpa menghapus data secara keseluruhan.

Untuk keperluan memerifikasi dan validasi ulang data-data individu PTK dan PD, mencetak formulir PTK dan PD bisa dipertimbangkan oleh operator. Hasil cetakan dikembalikan kepada pemilik data untuk di periksa kembali kebenaran data-datanya. Selain itu hasil cetakan dapat membantu operator dalam menginput ulang jika harus dilakukan penghapusan data secara keseluruhan.

Berikut langkah-langkah mencetak formulir PTK maupun PD dengan dapodik helper :

  • Masuk ke local disk C:\Program Files\Dapodik Helper, kemudian tap/klik 2x pada lingkaran hijau DAgent. Langkah tersebut jika pada proses installasi dapodikhelper tidak dibuat shortcut
  • Berikutnya akan muncul beranda seperti gambar berikut :
  • Pertama pilih File kemudian kedua pilih dan tap/klik Data Pokok, selanjutnya ditampilkan gambar seperti berikut :
  • Misalkan ingin mencetak formulir Peserta Didik (seperti contoh gambar), pilih Peserta Didik, kemudian pilih nama yang ingin dicetak, setelah itu klik kanan dan tap/klik Cetak Formulir. Selanjutnya ditampilkan gambar berikut :
  • Tampilan tersebut merupakan pratinjau (preview) sebelum dilakukan pencetakan, lanjutkan dengan memilih dan klik button Print, kemudian ditampilkan beranda untuk memilih jenis printer dan pengaturan jenis kertas.
  • Nomor 7 pada gambar petunjuk memilih printer yang terkoneksi, untuk memilih jenis kertas tap/klik properties, setelah itu klik OK.
Demikian sharing penulis mengenai "mengapa" atau "untuk apa" mencetak formulir PTK maupun PD, serta langkah-langkah untuk mencetak melalui aplikasi dapodikhelper.

Bagi yang membutuhkan Dapodik Helper (Keluaran 10/04/2014) silahkan tap/klik DISINI

No comments:

Post a Comment