KETERAMPILAN MEMBERI
PENGUATAN
MENGADAKAN VARIASI DAN
MEMBIMBING DISKUSI
1. Keterampilan
Memberikan Penguatan
a.
Pengertian
Penguatan
adalah respon positif terhadap perilaku yang positif teradap prilaku yang baik
atau perbuatan baik perbuatan yang dilakukan oleh siswa.
b.
Tujuan
Penguatan
1.
Menignkatkan
gairah siswa untuk belajar
2.
Memelihara
kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
3.
Mengendalikan
perilaku siswa agar prilaku yang baik berkembang.
c.
Prinsip-prinsip
pemberian penguatan
1.
Kehangatan
dan Keantusiaan
2.
Kebermaknaan
d.
Penggunaan
pengertian
1.
Penguatan
individual
2.
Penguatan
terhadap kelompok siswa
3.
Pemberian
penguatan harus mengingat waktu
4.
Variasi
dalam penggunaan
e.
Komponen
Penguatan
1.
Penguatan
verbal
a).
Kata
b).
Kalimat
2. Penguatan non verbal
a).
Mimik dan gerakan badan
b).
Mendekati
c).
Sentuhan
d).
Tugas yang menyenangkan
e).
Benda atau symbol
3.
Penguatan tak penuh
2. Keterampilan
Mengadakan Variasi
a.
Pengertian
Variasi
adalah perubahan mengenai sesuatu.
b.
Tujuan
Mengadakan Variasi
1.
Menarik
perhatian siswa
2.
Menghilangkan
rasa bosan siswa
3.
Menimbulkan
kesegaran suasana dan pikiran
4.
Menghidupkan
kelas
c.
Komponen
keterampilan mengadakan variasi
1.
Variasi
gaya mengajar
a).
Variasi suara
b).
Variasi pemusatan perhatian
c).
Kesenyapan
d).
Kontak pandang
e).
Gerakan anggota badan dan mimic
f).
Posisi guru
2. Variasi penguatan media
a).
Variasi alat dan bahan yang dilihat
b).
Variasi alat dan bahan yang didengar
c).
Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa
3. Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa
3. Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok
a.
Pengertian
Diskusi
kelompok ialah interaksi antara sekelompok orang (siswa) untuk bertukar
pikiran, yang dilaksanakan sesuai prosedur yang diatur secara sistematis, guna
mencapai tujuan bersama yang telah direncanakan.
b.
Penggunaan
di dalam kelas
1.
Semula
guru bertindak sebagai pemimpin dalam diskusi
2.
Pemimpin
adalah siswa yang ditunjuk oleh guru
3.
Pemimpin
adalah siswa yang dipilih oleh anggota kelompok
4.
Yang
perlu diperhatikan :
a).
Diskusi berlangsung terbuka
b).
Diskusi berlangsung dalam suasana akrab
c).
Topik dapat diterima oleh semua anggota
d).
Anggota berpartisipasi aktif
e).
Anggota mengahrgai pendapat teman
f).
Anggota mematuhi tata tertib
c.
Pelaksanaan
1. Tahap
persiapan
a).
Menentukan topic
b).
Pengarahan dari guru
c).
Menentukan tehnk pelaksanaan
d).
Menentukan tata tertib
2.
Tahap pelakssanaan
a).
Meningkatkan tata tertib
b).
Menyampiakan permasalahan
c).
Mengambil keputusan
3.
Tahap penyelesaian
a).
Menyusun dan menyampaikan laporan
b).
Menilai hasil
c).
Pesan-pesan guru dan komentar siswa
4. Yang perlu diperhatikan dalam
menentukan topic
a). Minat siswa
b). Kemampuan siswa
c). Kebermaknaan topic bagi
siswa
5. Yang perlu diperhatikan selama
diskusi berlangsung
a). Pemusatan perhatian
b). Penjelasan masalah
c). Pandangan siswa
d). Kontribusi siswa
e). Pemerataan partisipasi
f). apenutupan diskusi
No comments:
Post a Comment