Monday, January 7, 2013


KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN
MENGADAKAN VARIASI DAN MEMBIMBING DISKUSI

1.   Keterampilan Memberikan Penguatan
a.       Pengertian
Penguatan adalah respon positif terhadap perilaku yang positif teradap prilaku yang baik atau perbuatan baik perbuatan yang dilakukan oleh siswa.
b.      Tujuan Penguatan
1.      Menignkatkan gairah siswa untuk belajar
2.      Memelihara kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
3.      Mengendalikan perilaku siswa agar prilaku yang baik berkembang.
c.       Prinsip-prinsip pemberian penguatan
1.      Kehangatan dan Keantusiaan
2.      Kebermaknaan
d.      Penggunaan pengertian
1.      Penguatan individual
2.      Penguatan terhadap kelompok siswa
3.      Pemberian penguatan harus mengingat waktu
4.      Variasi dalam penggunaan
e.       Komponen Penguatan
1.      Penguatan verbal
a). Kata
b). Kalimat
2.   Penguatan non verbal
a). Mimik dan gerakan badan
b). Mendekati
c). Sentuhan
d). Tugas yang menyenangkan
e). Benda atau symbol
3. Penguatan tak penuh

2.   Keterampilan Mengadakan Variasi
a.       Pengertian
Variasi adalah perubahan mengenai sesuatu.
b.      Tujuan Mengadakan Variasi
1.      Menarik perhatian siswa
2.      Menghilangkan rasa bosan siswa
3.      Menimbulkan kesegaran suasana dan pikiran
4.      Menghidupkan kelas
c.       Komponen keterampilan mengadakan variasi
1.      Variasi gaya mengajar
a). Variasi suara
b). Variasi pemusatan perhatian
c). Kesenyapan
d). Kontak pandang
e). Gerakan anggota badan dan mimic
f). Posisi guru
2. Variasi penguatan media
      a). Variasi alat dan bahan yang dilihat
      b). Variasi alat dan bahan yang didengar
      c). Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa
3. Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa


3.   Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok
a.       Pengertian
Diskusi kelompok ialah interaksi antara sekelompok orang (siswa) untuk bertukar pikiran, yang dilaksanakan sesuai prosedur yang diatur secara sistematis, guna mencapai tujuan bersama yang telah direncanakan.
b.      Penggunaan di dalam kelas
1.      Semula guru bertindak sebagai pemimpin dalam diskusi
2.      Pemimpin adalah siswa yang ditunjuk oleh guru
3.      Pemimpin adalah siswa yang dipilih oleh anggota kelompok
4.      Yang perlu diperhatikan :
a). Diskusi berlangsung terbuka
b). Diskusi berlangsung dalam suasana akrab
c). Topik dapat diterima oleh semua anggota
d). Anggota berpartisipasi aktif
e). Anggota mengahrgai pendapat teman
f). Anggota mematuhi tata tertib
c.    Pelaksanaan
      1. Tahap persiapan
            a). Menentukan topic
            b). Pengarahan dari guru
            c). Menentukan tehnk pelaksanaan
            d). Menentukan tata tertib
      2. Tahap pelakssanaan
            a). Meningkatkan tata tertib
            b). Menyampiakan permasalahan
            c). Mengambil keputusan
      3. Tahap penyelesaian
            a). Menyusun dan menyampaikan laporan
            b). Menilai hasil
            c). Pesan-pesan guru dan komentar siswa
           4. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan topic
                 a). Minat siswa
                 b). Kemampuan siswa
                 c). Kebermaknaan topic bagi siswa
           5. Yang perlu diperhatikan selama diskusi berlangsung
                 a). Pemusatan perhatian
                 b). Penjelasan masalah
                 c). Pandangan siswa
                 d). Kontribusi siswa
                 e). Pemerataan partisipasi
                 f). apenutupan diskusi

No comments:

Post a Comment