Sunday, January 25, 2015

APLIKASI DAPODIKDAS UNTUK SMARTPHONE (ANDROID)






Dapodikdas 302 sudah berjalan hampir satu bulan. Kegiatan OPS mulai dari Input Data, Edit Data, Validasi Data Dapodik dimulai lagi. Termasuk di antaranya harus dilakukan di luar aplikasi Dapodik seperti VervalPD, Pendataan Peserta UN dan lain-lain.
Salah satu kegiatan OPERATOR SEKOLAH setelah selesai input data dan mengirimkan ke server adalah mengecek hasil pengiriman di server yang harus dilakukan secara online.
Berangkat dari kenyataan tersebut ada terobosan baru untuk meringankan tugas OPERATOR SEKOLAH. Keberadaan perangkat smartphone (Android) sudah bukan barang mewah lagi. Saat ini smartphone (Android) sudah bisa didapat dengan mudah dan murah. Sebagian besar OPERATOR SEKOLAH dan PTK memiliki perangkat ini.
Menu selanjutnya adalah MENU UTAMA OPS. Dimulai menu pertama adalah DAPODIKDAS yang di dalamnya berisi menu-menu yang diperlukan oleh OPS dalam kegiatan pendataan yaitu :
  1. Donwload Applikasi dan Manual Aplikasi
  2. Download Prefill
  3. Progress Pengiriman
  4. Group FB Infopendataan Dikdas
  5. Twiter @DapodikOfficial
Salah satu yang paling sering di akses OPERATOR SEKOLAH adalah progress pengiriman untuk mengecek data yang telah dikirim dari lokal ke server. Sama seperti mengakses lewat laptop untuk melihat data di progress pengiriman OPERATOR SEKOLAH harus memasukkan Kode registrasi. Selain itu terkadang OPERATOR SEKOLAH memerlukan untuk mengunduh dokumen atau aplikasi, aplikasi ini dilengkapi dengan link-link unduhan, file hasil unduhan akan di simpan di folder DAPODIK di phonestorage jika smartphone (Android) memiliki phonestorage atau di folder DAPODIK di SD Card jika tidak memiliki phonestorage.
Menu selanjutnya adalah menu turunan dari Dapodik. Artinya data ini dapat di akses jika data yang diinput di Aplikasi Dapodik sudah dikirimkan ke server dan. Ada tiga entitas Data Pokok yang dihasilkan :
  1. Data Satuan pendidikan
  2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  3. Data Peserta Didik

DATA SATUAN PENDIDIKAN
Data Satuan Pendidikan meliputi :
  1. Referensi
  2. SDM
  3. SDM News

DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Fitur ini memberi kemudahan kepada OPS dan semua PTK untuk mengecek kevalidan data hasil kerja OPS. Fitur ini berfungsi untuk mengakses Info PTK mobile sehingga tak perlu membuka laptop lagi untuk mengaksesnya.

DATA PESERTA DIDIK
Pada menu ini OPS dapat melakukan dan cek data yang berhubungan dengan siswa yaitu :
  1. Verval Peserta Didik
  2. Peserta Ujian Nasional
  3. BOS Online
  4. Jaring BSM
  5. Cek NISN
  6. Biodata UN SD
  7. Biodata UN SMP

Nah, bagi rekan-rekan yang ingin mencoba aplikasi kecil ini silakan di unduh DISINI.
Nama Aplikasi : DAPODIKDAS.apk
Ukuran file : 265 KB
System android disarankan : versi Android 2x atau di atasnya

3 comments: