Tuesday, September 30, 2014

Cek Tunjangan Dikdas/Lembar Info Guru

Buat Anda guru atau PTK yang ingin mengakses atau mengecek data lembar info guru atau biasa disebut Lapor Tunjangan Dikdas (LTD) Bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Namun ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu NUPTK bagi yang belumsertifikasi dan NRG (Nomor Registrasi Guru) bagi yang sudah mengikuti sertifikasi. Cek Lembar Info Guru ini adalah hasil sinkronisasi atau pengiriman data dari aplikasi dapodikdas 2014. Berikut link-link yang bisa diakses di link-link berikut:

Link 1 : Klik disini
Link 2 : Klik Di sini
Link 3 : Klik Di sini
Link 4 : Klik di sini
Link 5 : Klik di sini



Silakan masukkan NRG pada user ID dan tanggal lahir pada password misalnya tanggal lahir 12 Nopember 1978 maka password yang digunakan adalah19781112

masukkan kode captcha,sesuaikan huruf dan angka, jangan sampai salah, lalu kliksubmit.

lapor tunjangan dikdas di Link 1 : http://223.27.144.195:8081/ Link 2 : http://223.27.144.195:8082/ Link 3 : http://223.27.144.195:8083/ Link 4 : http://223.27.144.195:8084/ Link 5 : http://223.27.144.195:8085/
cek info guru

Setelah Anda masuk, yang paling penting diperhatikan adalah tanggal sinkronisasi, dan jumlah jam mengajar yang tentunya ini nantinya berkaitan dengan tunjangan profesi, funsional, akademik.



cara mengecek SK tunjangan, cek lapor tunjangan dikdas, cek hasil sinkronisasi dapodik dan data info guru 2014.
Pada bagian rombel klik Tampilkan Rombel, untuk melihat kevalidan data guru. Di sini akan kelihatan data yang dimasukkan di rombel pada aplikasi dapodik.Pada gambar di atas adalah contoh JJM Kepsek SD pada lembar info guru. pada jumlah Jam Mengajar terlihat linier, sejumlah 6 jam, pada aplikasi dapodik di isi 6 jam. So, jika data Anda seperti berarti sudah aman, tidak perlu ada perbaikan lagi, dan tunjangan profesi/sertifikasi siap meluncur ke rekening Anda. Selamat Mencoba.

Cara Mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru) di Halaman Padamu Negeri

    Kepala Sekolah harus mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru), maka kali ini, sedikit gambaran untuk kita seperti apa tampilah Penilaian Kinerja Guru.


    1. Langkah pertama tentu saja buka halaman http://padamu.siap.web.id/.
    2. Silahkan login akun kepala sekolah, seharusnya kepala sekolah sendiri yang membuka. Namun saya yakin, operator sekolah akan diminta bantuannya.
    3. Jika sudah login, akan kita temukan tampilan seperti ini.

    1. Cara Mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru) di Halaman Padamu Negeri

    2. Lihat menu bagian kiri, temukan menu PKG. Silahkan diklik.
    3. Lalu akan muncul tampilan daftar guru yang harus dinilai. Untuk jenjang SD, daftar guru ada di menu PK Guru Mapel/Kelas.




    1. Untuk memulai penilaian, bisa di klik Mulai Menilai.
    2. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah tanda bintang tiga yang masih merah.
    Penjelasan status Penilaian Kinerja Guru.

    Cara Mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru) di Halaman Padamu Negeri
    Bintang 1: Belum dinilai kinerjanya


    Cara Mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru) di Halaman Padamu Negeri
    Bintang 2: Belum unggah scan hasil PKG


    Cara Mengisi PKG ( Penilaian Kinerja Guru) di Halaman Padamu Negeri
    Bintang 3: PKG belum disetujui Dinas.

    Untuk memulai Penilaian, silakan pilih fungsi Guru berikut sesuai jabatan masing-masing :
    1. Klik Penilain Kinerja Guru Kelas / Mata Pelajaran untuk menilai kinerja Guru Kelas/Mapel
    2. Klik Penilaian Kinerja Guru BK untuk menilai kinerja Guru BK
    3. Klik Penilaian Kinerja Guru Tugas Tambahan untuk menilai Guru dengan Tugas Tambahan

    Untuk lembar Instrumen Lembar Penilaian Kinerja dapat Anda unduh disini.

Cara Mengisi PKG 2014 oleh Kepala Sekolah

Kembali lagi masalah Penilaian Kinerja Guru, Kali ini saya mau berbagi cara mengisi PKG online oleh kepala sekolah. Namun sebaiknya sebelum mengisi secara online sebaiknya pakai dahulu angket PKG 2014.


1. Login di link http://padamu.siap.web.id/

2. Masuk sebagai Login PTK (kepala sekolah tentunya)

3. Masukkan NUPTK dan password akun padamu milik Kepsek Anda

4. Setalah masuk klik Padamu PTK

pkg 2014 secaraonline oleh kepsek
cara isi pkg guru 2014

5. Setelah itu klik tab PKG

Setelah Klik Padamu PTK, Maka Akan muncul Halaman PTK. Deretan menu tab sebelah kiri ada tab Baru yaitu tab PGK, silakan Klik TAB PKG tersebut.

penilaian kinerja guru 2014 online
pkg guru online 2014
6. Untuk memulai Penilaiannya,  silakan klik tombol “MULAI MENILAI” (Perlu diperhatikan, tombol Mulai Menilai akan aktif jika VERVAL PTK SUDAH DISETUJUI OLEH OPERATOR KABUPATEN)

cara pengisian PKG guru online oleh kepala sekolah di Padamu negeri. PKG guru 2014, PKG guru SD,SMP, BK, PKG tugas tambahan

7. Jika di klik ternyata belum bisa dilanjutkan maka akan muncul pemberitahuan "Guru harus sudah mengupdate ....., jangan panik, setelah verval PTK sudah dapat S013 maka otomatis Peringatan itu akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mendapatkan Username dan Password Akun Siswa Padamu Negeri

sebelum mengisi EDS siswa pastikan dulu kita sudah memasukkan nama-nama siswa ke akun sekolah, kemudian sudah mencetak / print tanda bukti akun siswa yang akan mengisi EDS. Jika siswa sendiri mintalah username dan passwordnya kepada admin operator padamu negeri. Jika Anda belum tahu username npassword bisa ikuti cara di bawah ini.

1. Login sebagai Admin/Operator sekolah

2. Klik padamu Sekolah

padamu sekolah

3.1. Klik Siswa dan Alumni
3.2  Klik Siswa 
3.3  Klik Daftar Siswa

Cara mendapatkan password n username siswa untuk mengisi eds padamu negeri

Akan muncul nama siswa. Saya yakin anda yang pernah mengerjakan padamu negeri tahun 2013 lalu pasti sudah memasukkan beberapa siswa di sini. Sekarangklik tanda panah kecil di sebelah kiri nama siswa yang dipilih, Klik cetak tanda bukti akun siswa.

cara mengetahui mendapatkan username dan password akun siswa untuk mengisi eds siswa
cara mengetahui mendapatkan username dan password akun siswa untuk mengisi eds siswa

Muncul perintah cetak, silakan cetak jika laptop terhubung langsung denganprinter, jika tidak mau atau untuk menghemat tinta dan kertas sebaiknya pilih Microsoft xps document writer. Ini akan tersimpan di komputer tanpa perlu kita repot mencetaknya. Atau tujuannya mencetak nanti saja. Klik OK, lalu beri nama dan simpan sesuai nama siswa ybs. 

cetak tanda bukti akun siswa password dan username


Lihat contoh dokumen nya di atas, ada nama siswa, username dan password yang bisa dipakai untuk login siswa nantinya dalam mengisi EDS. Untuk mengisi EDS siswa silakan keluar dulu. Klik tanda keluar di pojok kanan atas (juga untuk semua akun PTK) 
cara mengetahui mendapatkan username dan password akun siswa untuk mengisi eds siswa, cara mengisi eds siswa
angket eds siswa
Lalu masuk lagi ke padamu.siap.web.id Masuk dengan klik Login Siswa > Pilih/Klik Siap Siswa, Klik Isi Angket EDS

Wednesday, September 24, 2014

Panduan Generate Prefill dan Instal Aplikasi Baru

Pada Penggunaan Dapodikdas versi 3.0.0 yang dikabarkan hanya memiliki Instaler tanpa ada pacth tentunya mengharuskan OPS untuk melakukan instal ulang aplikasi dapodikdas nya. dan dikabarkan pula instal ulang dengan data restore tak bisa dilakukan jika menggunakan data restore yang di backup pada versi sebelumnya ini disebabkan karena bentuk database yang berbeda pada Dapodikdas Generasi Ke 3 ini membuat tak macthingnya data backup versi sebelumnya.

Apakah kita harus input ulang ini yang dipikirkan para rekan ops, saat ini hanya ada solusi Generate Prefill.
Apa yang dimasud generate prefill, yah kurang lebih jika kita artikan secara awam, sejenis pembaharuan data dari hasil sinkronisasi dapodikdas kita yang terakhir dilakukan dan di bentuk dalam prefill yang bisa di unduh di laman resmi info pendataan dikdas atau yang sekarang beralamat di dapo.dikdas kemdikbud.go.id
Bagaimana cara melakukan Generate  Prefill untuk OPS karena kabar nya hanya operator Dinas yang bisa melakukannya, memang bener juga apa kita harus ke Dinas pendidikan setempat, namun tak perlu berkecil hati karena sampai saat ini link aplikasi generate Prefill Masih di buka untuk Operator Sekolah, berikut cara melakukan Generate Prefill bagi Operator Sekolah :

1.Kunjungi alamat aplikasi Generate Prefill disini
Login dengan menggunakan user dan pasword  aplikasi dapodikdas masing-masing
kira-kira tampilannya sebagai berikut:


Panduan Generate Prefill dan Instal Aplikasi Baru


Jelas aba-abanya masukkan NPSN sekolah masing-masing.
2. Klik Generate maka akan berjalan proses generate data prefill pada sidebar atas berjalan, dan tunggu hingga selesai dan muncul tulisan pembuatan data prefill berhasil dilakukan


Panduan Generate Prefill dan Instal Aplikasi Baru


3. Setelah selesai siapkan Koreg atau kode registrasi dapodikdas kita karena tentunya kita harus mendownload atau mengunduh data prefill baru dilaman Unduh prefill disini sampai disitu proses Generate selesai.

Bagaimana cara instal aplikasi dapodikdas dengan prefill baru?
Yang tak berbeda pada cara sebelumnya atau awalnya kita menginstal aplikasi dapodik pada Laptop kita.


1. Download dulu instaler dapodikdas nya, jika belum punya download disni 

2. Bikin Folder di Drive C  dan beri nama prefill_dapodik dan pastekan dalam folder tersebut hasil unduhan prefill tadi

3. Lakukan instalasi hingga tahapannya selesai dan  registrasi , agar mudah diIngat gunakan saja user dan pasword aplikasi terdahulu. namun jika ingin ganti juga bukan masalah.

4.  Login
Selesai

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

Pada tahun 2014 tepatnya bulan april Padamu Negeri memberlakukan  kebijakan  bahwa  seluruh  pengguna  bukan  institusi  diharuskan  menggunakan  email  untuk  mempermudah  akunnya  dalam 
menggunakan/operasional layanan SIAP Online termasuk PADAMU Negeri. Jika nanti mengalami 
kehilangan password dapat dilakukan reset password melalui email dan juga informasi dari Telkom 
SIAP Online terkait layanan PADAMU Negeri juga bisa dikirimkan  ke email pengguna tersebut.
Oleh karena itu  akun institusi sekolah yang berupa angka NPSN/SIAP ID hanya bisa digunakan untuk  mengelola akun  yang ada dibawah naungan sekolah tersebut, yaitu akun Admin Sekolah, PTK dan  Siswa. Dengan tampilan login sekolah baca padamu negeri tampilan berbeda ini merupakan solusi terbaik adalah penambahan admin baru pada login sekolah
Untuk menambahkan akun admin sekolah silakan ikuti langkah berikut:

1.  Login dengan menggunakan akun institusi Sekolah anda 
ke http://padamu.siap.web.id pilih Login
2.  Setelah login, maka anda akan ditampilkan halaman seperti dibawah ini. Lakukan klik KelolaAkun Institusi
3.  Pilih menu Kelola Grup Akun > Daftar Anggota Grup Admin

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

4. Klik icon Tambah (+)

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

5. Masukkan email pribadi Admin Sekolah, kemudian klik tombol Cek Email. Pastikan email 
sudah terdaftar di layanan SIAP Komunitas, jika belum terdaftar silakan didaftarkan terlebih 
dahulu kehttp://siapku.com  ( https://paspor.siap-online.com/registrasi/ )

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri
6. Jika email sudah benar dan terdaftar di SIAP Komunitas maka akan dimunculkan biodata 
dari pemilik akun tersebut, klik tombol Simpan.

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

7.  Cetak Surat Akun dan lakukan aktivasi sesuai perintah yang tertera pada Surat Akun 
tersebut..ingat kita akan perlukan kode aktifasi yang tercetak.

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

8.  Lakukan LOGOUT dari login anda yang menggunakan Akun Institusi Sekolah (SIAP ID 
Sekolah) Kunjungi http://padamu.siap.web.id pilih Login Sekolah dan lakukan login dengan 
menggunakan email pribadi Admin Sekolah yang telah anda tambahkan tadi. Akan 
dimunculkan Dasbor Layanan, pilih PADAMU SEKOLAH

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri

9. Masukkan Kode Aktivasi yang terdapat pada Surat Akun S01c, kemudian klik tombol Aktivasi

Cara Tambah Admin Sekolah Padamu Negeri


Monday, September 15, 2014

Panduan Unggah Data Siswa (Kolektif) Baru

Unggah Data Siswa (Kolektif)

Untuk menambah data siswa secara kolektif langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Klik tombol tanda panah
siswa unggah
2. Klik tombol Unduh format data siswa
3. Setelah file berhasil diunduh di komputer anda, silakan isi file excel tersebut dengan data anda (pastikan semua cell/spreadsheet berformat teks)
siswa unggah2
4. Setelah selesai melakukan edit data, silakan simpan excel tersebut.
5. Buka kembali menu unggah data siswa, kemudian klik pilih file XLS dan klik unggah untuk mengunggah data siswa
siswa unggah excel

Menaikkan Tingkat Siswa (Naik Kelas)

Menaikkan Tingkat Siswa Secara Kolektif (Naik Kelas)

Untuk mengatur  Tingkat kelas siswa secara kolektif langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Login ke Padamu Sekolah, Pilih Menu Siswa & Alumni >> Siswa >> Daftar Siswa.
1
2. Klik tombol tanda panah seperti pada gambar. Klik Unduh Data Siswa.
2
3. Setelah file berhasil diunduh di komputer anda, silakan isi file excel tersebut dengan data anda (pastikan semua cell/spreadsheet berformat teks). Pada kolom Tingkat isikan tingkat kelas baru.
3
4. Setelah selesai melakukan edit data, silakan simpan excel tersebut.
5. Unggah data siswa yang telah Anda edit, klik tombol seperti pada gambar.
4
6. Pilih File yang akan Anda Unggah atau Unduh Format file yang akan di unggah kemudian isikan data seperti langkah ke-3. Kemudian klik tombol Unggah.  Ikuti langkah-langkahnya hingga data berhasil di unggah.
5
7. Data tingkat / kelas siswa berhasil di unggah secara kolektif.
6